-->

20 Rekomendasi Tempat Wisata Hits Kebumen 2022

Hey hey hey udah lama nih ngga nulis di blog ini. Apakabar kalian? gimana nih sekarang, masih sibuk mikirin masa depan yang belum pasti, atau masih memperjuangkan doi yang ngga mau buka hati hehe. Udah rehat dulu sejenak, lupain dulu yaa.. karena kali ini aku bakal berbagi tempat wisata yang bisa kamu kunjungi untuk melepas rasa galaumu itu.

Nah kali ini aku mau berbagi rekomendasi tempat wisata di Kabupaten Kebumen. Karena di Kebumen ternyata banyak juga tempat wisata menarik dan sayang banget untuk kamu lewatkan.

Makanya jangan di skip dulu yah, biar kamu bisa tau nih di Kebumen ada wisata apa aja. Biar nggak bingung besok kalau mau ngajak doi liburan, atau ngga punya doi, yaudah ngga papa bisa juga kok dikunjungin sama temen kamu, pokoknya bisa banget deh buat nambah koleksi foto di media sosial kamu.

Bukit Pentulu Indah

Pesona Bukit Pentulu Indah via @evilevi_

Tempat wisata pertama yang bisa kamu kunjungi di Kebumen adalah Bukit Pentulu Indah. Tempat wisata ini berada di Desa Karangsambung, Kebupaten Kebumen. Akeses ke tempat ini pun juga terbilang cukup mudah, karena hanya 10 menit perjalanan saja dari tempat parkir kamu sudah bisa menikmati pemandangan yang akan memanjakan mata kamu.

Waktu yang cocok untuk berkunjung ke tempat ini adalah pagi hari, karena kamu bisa menikmati sunrise dari ketinggian dengan pemandangan gunung berjajar dilapisi kabut tipis yang menyelimuti, menjadikan suasana menjadi begitu syahdu. 

Cukup dengan membayar tiket sebesar Rp.5000/orang dan parkir Rp.2000/kendaraan kamu bisa kencan sama gebetanmu dari terbit fajar sampai matahari tenggelam.

Wisata Alam Jembangan

Seru Seruan Di Jembangan Via @shiffaip
Seru seruan di Jembangan via @shiffaip

Buat kamu yang pengen nongkrong asik dengan besty, atau liburan bersama keluarga, Wisata Alam Jembangan merupakan salah satu tempat wisata yang wajib kamu kunjungi.

Terletak di Desa Jembangan, Kecamatan Poncowarno, Kebumen. Tempat wisata ini menghadirkan suasana alam yang begitu menawan dengan pemandangan khas Waduk Pejengkolan.

Selain itu, tempat ini juga tersedia berbagai wahana seperti Mini Zoo, restoran terapung, wahana perahu, bebek air dengan biaya tambahan jika ingin menikmati wahana tersebut. 

Fasilitasnya juga terbilang cukup lengkap, mulai dari kamar mandi, mushola, tempat parkir yang luas dan beberapa fasilitas lainya, tentunya akan membuat wisata kamu lebih nyaman dan menyenangkan. 

Tiket masuk tempat wisata ini sebesar Rp.5000/orang, parkir sebesar Rp.2000/motor dan  Rp.5000/mobil.

Pantai Menganti

Pantai Menganti via @alfikrmh_

Buat kamu yang pengen healing dengan vibes pantai, Menganti merupakan salah satu pantai yang wajib kamu kunjungi. Terletak di Desa Karang Duwur, Kecamatan Ayah, Kebumen dan berjarak sekitar 42 KM dari pusat Kota Kebumen.

Meskipun harus ada effort yang ditempuh untuk sampai ke tempat ini, karena kamu harus melewati tanjakan yang tidak sedikit, tetapi sesampainya disana aku yakin kamu ngga akan kecewa, karena view yang dihadirkan Pantai Menganti benar-benar akan membuat otak kamu fresh dalam seketika.

Tarian ombak yang begitu cantiknya, bebatuan yang tertata dengan rapih, serta pasir putih khas Pantai Menganti akan melupakan semua beban masalah hidupmu.

Tiket masuk Pantai Menganti juga sangat terjangkau, yaitu hanya dengan membayar tiket masuk sebesar Rp.10.000/orang, Rp.10.000/orang untuk fasilitas gazebo dan Rp.15.000/orang untuk fasilitas sepeda gantung dan balon udara. 

Pantai Surumanis

Pantai Surumanis via @diantsna

Meskipun belum sepopuler Pantai Menganti, Pantai Surumanis bisa dibilang "hidden gem" nya Pantai di Kebumen. Lokasinya yang tersembunyi dan suasananya yang masih alami membuat pantai ini sangat cocok untuk melepas penat dari rutinitas pekerjaan.

Terdapat juga spot foto estetik yang bisa banget kamu gunakan untuk post story atau feed instagram kamu, yaitu ada jembatan kayu yang berada di atas bukit dan ranjang jaring yang nan estetik.

Terletak di Desa Pasir, Kecamatan Ayah, Kebumen. Untuk masuk ke tempat ini kamu hanya cukup membayar sebesar Rp.5000/orang dan parkir sebesar Rp.2000/motor.

Pantai Lampon

Pantai Lampon Kebumen via @chikaandriyanti

Wisata selanjutnya yang bisa kamu kunjungi di Kebumen adalah Pantai Lampon. Berada di Desa Pasir, Kecaman Ayah, Kebumen. Pantai lampon juga menghadirkan view yang tidak kalah ciamiknya.

Lokasinya yang masih tersembunyi dengan cirikhasnya yaitu terdapat dua bukit yang menambah keindahan yang ada  di tempat ini.

Selain itu tersedia juga berbagai spot foto yang siap kamu gunakan untuk membuat feed kekinian ala selebgram. Hembusan angin pantai yang sepoi-sepoi dibarengi dengan tarian ombak yang begitu cantiknya akan semakin membuat kamu nyaman berlama-lama di tempat ini.

Hanya dengan biaya sebesar sebesar Rp.5.000/orang kamu sudah bisa menikmati keindahan pantai yang satu ini.

Taman Bunga Ambal

Taman Bunga Ambal via @snapofmood

Buat kamu yang lagi liburan di Kebumen ada lagi nih satu tempat wisata yang wajib banget kamu kunjungi. Taman Bunga Ambal, ya. Tempat wisata ini sempat hits di tahun 2018 lalu. Namun sampai saat ini nyatanya masih sangat worth it untuk dikunjungi.

Terletak di Desa Ambal Resmi, Kec. Ambal, Kebumen dengan lahan seluas 1 Hektar dan lokasinya tidak terlalu jauh dari Pantai Ambal.

Panorama bunga matahari yang berjajar dengan indahnya akan memanjakan pandanganmu. Juga terdapat banyak warna warni bunga celosia dan mawar yang lebih dari cukup untuk membuat fotomu cantik seperti gebetan idamanmu.

Fasilitas disini juga terbilang cukup lengkap, mulai dari tempat parkir, area kuliner dan berbagai spot foto yang bisa kamu gunakan. Untuk masuk ke tempat ini kamu hanya cukup membayar sebesar Rp.5000/orang.

Bukit Hud

Keindahan Bukit Hud via @anggraiti

Menikmati pemandangan pantai suwuk dari ketinggian dengan pepohonan hijau yang berjajar dengan rapihnya sejenak membuatmu terhanyut dengan keindahan yang disuguhkan semesta.

Berada di ketinggian 150 mdpl dengan pemandangan Pantai Suwuk yang begitu jelas dari ketinggian, membuat tempat ini cocok untuk kamu gunakan untuk mengabadikan moment untuk di share ke media sosial. 

Terletak di Desa Karangbolong, Kec. Buayan dan untuk masuk ke tempat wisata ini kamu hanya perlu membayar Rp.4.000 untuk dewasa dan Rp.2.000 untuk anak-anak.

Brujul Advanture Park

Brujul Advanture Park Via @nurbadriyah1

Menikmati keidahan alam bersama orang tercinta dengan nuansa alam yang masih terjaga ke asrianya menjadikan liburanmu berkesan dan tidak mudah dilupakan.

Deretan pepohonan pinus yang hijau, camping area, coffe shop, serta outbond ground bisa banget kamu pilih di Brujul Advanture Park untuk membuat suasana hati kamu menjadi adem dan mendamaikan jiwamu. Juga terdapat berbagai spot foto instagameble yang siap untuk mendongkrak instight instaram kamu.

Brujul Adventure Park terletak di Desa Peniron, Kec. Pejagoan, Kebumen dan berjarak kurang lebih 14 KM dari pusat Kota Kebumen.

Buka setiap hari mulai pukul 08:00 - 18:00 WIB. Biaya tiket masuk ke Brujul Adventure Park sebesar Rp.6.500 untuk dewasa dan Rp.3.000 untuk anak-anak.

Bukit Langit

Bukit Langit via @yolandhini

Masih berbau dengan alam, wisata selanjutnya yang bisa kamu kunjungi di Kebumen adalah Bukit Langit. Terletak di Desa Giripurno, Kec. Kebumen, Kebumen dan hanya dengan tiket masuk sebesar Rp.5.000/orang kamu sudah bisa menikmati keindahan alam dengan spot yang foto instagenic.

Obyek wisata ini buka setiap hari mulai dari jam 06.00 – 18.00 WIB. Lokasinya yang tidak terlalu jauh dari pusat Kota Kebumen menjadikan obyek wisata ini wajib kamu kunjungi saat kamu berada di Kebumen.

Waduk Sempor

Waduk Sempor via @tege.id

Bagi yang tinggal di Kebumen pasti tidak asing dengan wisata yang satu ini. Karena selain digunakan sebagai irigasi, Waduk Sempor juga memiliki pemandangan yang cukup menarik dan sayang untuk dilewatkan.

Terletak di Gombong, Kec. Sempor, Kabupaten Kebumen. Untuk berkunjung ke Waduk Sempor kamu hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp.5.000/orang dan retribusi parkir kendaraan. 

Pokoknya dijamin kamu ngga akan nyesel ketika berkunjung ke sini. Karena selain menyuguhkan keindahan alam, disini kamu juga bisa menikmati berbagai kuliner khas Kebumen. Salah satunya adalah mendoan hangat, sehangat cintamu padanya wkwk.

Hutan Mangrove Logending

Hutan Mangrove Logending via @melaninurkh

Terletak di Logending, Kec. Ayah, Kebumen, Hutan Mangrove Logending menjadi salah satu tujuan wisata yang tidak boleh kamu lewatkan ketika ke Kebumen.

Nuansanya yang masih asri terjaga, hawa sejuknya, jembatan nan estetik pastinya akan membuat liburanmu tidak terlupakan. Juga bagi kamu yang ingin menyusuri sungai mangrove bisa banget, karena disini juga tersedia perahu yang disewakan untuk para wisatawan.  

Buat kamu yang tertarik berkunjung ke tempat ini, kamu hanya perlu membayar sebesar Rp.10.000/orang dan waktu yang cocok untuk wisata ke tempat ini adalah sore hari, karena kamu bisa santai sambil menikmati matahari tenggelam.

Pantai Pecaron

Pantai Pecaron via @chikaandriyanti

Masih di Kec. Ayah, lebih tepatnya di Srati, Kec. Ayah, Kebumen. Satu lagi pantai yang antimainstem dan menyajikan pemandangan yang berbeda dari pantai-pantai lainya.

Terdapat berbagai spot foto instagrameble yang bisa kamu gaunakan untuk berfoto. Salah satunya adalah jajaran tebing-tebing yang ada ditepi pantai yang akan menyulap foto kamu menjadi estetik.

Selain itu, bagi kamu yang suka berburu sunset ketika liburan ke pantai, Pantai Pancoran juga menghadirkan sunset yang tidak kalah indahnya. Meskipun sunset yang dihadirkan tidak terlalu jelas karena terhalang tebing disekitar, namun pemandangan seperti inilah yang menjadi cirikhas dan membuat kesan keindahanya tersendiri.

Cukup hanya dengan membayar sebesar Rp.5.000/orang dan retribusi parkir sebesar Rp.2.000/kendaraan kamu sudah bisa menikmati keindahan Pantai Pecaron sepuasnya.

Goa Jatijajar

Goa Jatijajar Via @raniandigo

Goa Jatijajar merupakan goa yang terlatak di Desa Jatijajar, Kec. Ayah, Kebumen. Terletak sekitar 42 KM dari pusat Kota Kebumen, Goa Jatijajar sangat cocok untuk tujuan berlibur akhir pekan bersama keluarga.

Memiliki luas 5,5 Hektar dengan dioarama yang dimiliki saat ini 8 buah, lengkap dengan patunya sebanyak 32 yang mengisahkan tentang legenda Raden Kamandaka atau biasa kita kenal dengan Lutung Kasarung.

Didalam goa juga terdapat lampu-lampu yang menerangi dalam goa. Selain itu ada batu stalagtit dan tiang kapur yang akan menambah suasana  estetik Goa Jatijajar.

Untuk kamu yang tertarik berkunjung ke tempat ini, kamu hanya perlu membayar sebesar Rp.5.500 untuk anak-anak, dan Rp.12.500 untuk dewasa.

Rahayu River Tubing

Rahayu River Tubing via @cacaaind

Buat kamu yang suka adrenalin tempat ini wajib banget kamu kunjunjungi. Terletak di Desa Sendangdalem, Kec. Padureso, Kebumen, Rahayu River Tubing menghadirkan suasana wisata yang berbeda dari yang lainya.

Pokoknya ditempat ini kamu bakal bisa banget seru-seruan sama temen-temen atau rekan kerja kamu. Menyusuri air aliran Waduk Wadaslintang menggunakan perahu karet pasti akan sangat menyenangkan dan lebih dari bisa untuk menghilangkan penat dikepalamu.

Oh iya, kalau kamu belum pernah melakukan aktivitas River Tubing, tidak perlu khawatir, karena disini ada guide yang siap memandu kamu saat melakukan River Tubing.

Terdapat beberapa pilihan paket yang bisa kamu pilih, yaitu Paket Hemat (Rp.50.000), Paket Wareg (Rp.75.000) dan Paket Pol-polan (Rp.85.000). 

Alian Butterfly Park

Alian Butterfly Park via @alianbutterflypark

Alian Butterfly Park merupakan tempat spesialis kupu-kupu, mulai dari penangkaran, budidaya, dan masih banyak lagi. Terletak di Desa Krakal, Kec. Alian Kebumen, Alian Butterfly Park  menghadirkan nuansa baru wisata di Kebumen.

Terdapat berbagai spesies kupu-kupu yang bisa kamu temukan di tempat ini. Mulai dari Troides helena, Papilio memnon, P Demoleus, P Polytes dan masih banyak lagi. 

Dengan beraneka ragam kupu-kupu yang ada ditempat ini, tentunya Alian Butterfly Park menjadi sangat recommended untuk dikunjungi untuk belajar sekaligus healing bersama adik atau saudara kecil kamu. 

Selain bisa melihat berbagai spesies kupu-kupu, kamu juga bisa menikmati beragam tanaman bunga yang ada di tempat ini.

Benteng Van Der Wijck

Benteng Van Der Wijck via @olen_smith

Pernah nonton film The Raid 2? salah satu tempat syutingnya disini loohh. Nggak heran sih, karena tempat ini bener-bener keren dan unik. Arsitektur bangunanya yang indah nan estetik membuat tempat ini menjadi wajib dikunjungi, terutama bagi kamu yang suka fotografi.

Selain bisa mendapat foto terbaik versi kamu, disini kamu juga bisa belajar tentang sejarah. Karena dibalik megah dan estetiknya Van Der Wijck, dulu benteng ini digunakan sebagai tempat untuk berlindung dan bertahan dari penjajah. 

Benteng Van Der Wijck berada di Sidayu, Kec. Gombong, Kebumen. Buka setiap hari mulai pukul 08.00 – 16.00 WIB. Untuk masuk ke tempat ini kamu hanya cukup membayar sebesar Rp.25.000.

Pantai Laguna Lembupurwo

Pantai Laguna Lembupurwo via @ipung_lutfi

Buat kamu yang pengen liburan ke pantai dengan sensasi yang berbeda, Pantai Laguna Lembupurwo merupakan salah satu tempat yang wajib di kunjungi

Terletak di Desa Lembupurwo, Kec. Mirit, Kebumen Pantai Laguna Lembupurwo menghadirkan vibes yang berbeda dari kebanyakan  pantai di Kebumen. 

Karena selain menyuguhkan keindahan khas pantai pada umumnya, disini juga terdapat hamparan pasir yang cukup luas, yaitu sekitar 3 kilometer. Uniknya disini juga terdapat gumuk pasir yang mempunyai tinggi sekitar 7 meter, dan asyiknya lagi kamu bisa bermain Sandboarding di gumuk pasir tersebut. 

Untuk memasuki kawasan wisata Pantai Laguna Lembupurwo, kamu hanya perlu membayar biaya tiket masuk sebesar Rp.3.000/orang.

Goa Barat

Goa Barat via @joeadimara_

Tidak terlalu jauh dari Goa Jatijajar, ada lagi nih goa yang bisa kamu kujungi di Kebumen. Terutama bagi kamu yang suka tantangan dan adrenalin, Goa Barat sangat recommended untuk dikunjungi. 

Goa Barat memiliki panjang sekitar 6,1 KM dan ada lebih dari 100 air terjun yang bisa kamu temukan di dalam goa. Ketinggian air terjun yang ada di Goa Barat juga cukup bervariasi, mulai dari 5,8 meter hingga puluhan meter. 

Bagi kamu yang tertarik untuk menyusuri Goa Barat, kamu akan dikenakan tiket masuk sebesar Rp.50.000/orang. Biaya tersebut sudah termasuk pelampung, helm, senter, sepatu caving, rompi, hingga pemandu wisata.

Pantai Karang Bolong

Pantai Karang Bolong via @anggraiti

Terletak di Desa Karang Bolong, Kec. Buayan, Kebumen, Pantai Karang Bolong menyuguhkan keindahan yang tidak kalah bagusnya dengan pantai lainya.

Keindahan alam yang masih terjaga, deretan pohon kelapa yang berdiri dengan gagahnya, serta sepoi-sepoi hembusan angin di Pantai Karang Bolong cocok untuk refresing diakhir pekanmu.

Tiket masuk ke Pantai Karang Bolong juga sangat terjangkau, hanya dengan Rp.3.000/orang dan biaya retribusi parkir sebesar Rp.2.000/kendaraan kamu sudah bisa menikmati keindahan pantai ini.

Bukit Pranji

Bukit Pranji via @nurul_azizzah

Satu tempat lagi nih, buat yang suka berburu sunrinse pasti kamu akan tertarik dateng ke sini. Terletak di Desa Watulawang dan Desa Pengaringan, Kec. Pejagoan, Kebumen, Bukit Pranji siap menyambut pagi hari kamu dengan suguhan sunrise yang begitu indah.

Untuk mau yang tertarik ke tempat ini, kamu hanya perlu membayar retribusi sebesar Rp.3000-5.000/orang saja.

Itu dia 20 rekomedasi tempat wisata yang bisa kamu kunjungi di Kebumen. Sebenernya masih banyak yang mau ditulis, next time aja yah kalau sempet nambah lagi wkwk.. Jadi gimana nih, udah siap plesir Kebumen?