Saatnya Mengkombinasikan Media Sosial dengan Website untuk Membuat Bisnis Lebih Go-online

Memasuki era digital 4.0 media sosial mengambil peran penting aspek kehidupan manusia. Salah satunya adalah pengunaan media sosial yang tidak hanya sebagai media komunikasi, namun seiring berjalanya waktu media sosial banyak digunakan untuk menggeluti dunia bisnis.

Tidak mengherankan memang, melihat begitu banyaknya pengguna media sosial, khususnya di Indonesia yang mencapai lebih dari 150 juta orang, tentunya menjadikan media sosial menjadi salah satu ladang yang paling berpotensi untuk memperluas jangkauan bisnis. 

Juga melihat daya tarik masyarakat masa kini yang mulai menggandrungi untuk berbelanja atau menggunakan layanan secara online, tentunya menjadikan media sosial sebagai wadah yang tepat untuk memasarkan bisnis.

Namun mengingat banyaknya pelaku yang memanfaatkan media sosial untuk menjalankan bisnis mereka, tentu saja menjadi salah satu kendala yang akan berefek pada persaingan binis yang semakin ketat. Karena tidak jarang begitu banyak produk atau jasa yang ditawarkan yang hampir sama atau bahkan sama persis dengan produk atau jasa yang kita tawarkan.

Alasan tersebut tentunya menjadi tantangan bagi kita yang menggeluti bisnis online menggunakan media sosial. Dengan kata lain ketika kita ingin terjun ke bisnis online menggunakan media sosial, tentu harus menyajikan sesuatu yang berbeda dengan pembisnis lain supaya bisnis online kita mempunyai ketertarikan dan nilai lebih dimata mereka.

Lalu apa sih yang bisa dilakukan untuk membuat bisnis online kita berbeda? dan apa yang perlu dilakukan supaya bisnis online yang kita jalankan mempunyai reputasi bagus, bahkan ketika bisnis yang kita jalankan terbilang baru?

Jawabanya adalah membuat sebuah website. Ya, dengan membuat website yang kemudian akan dikombinasikan dengan media sosial. Yaitu dengan cara memanfaatkan kepopuleran website untuk membuat bisnis lebih terlihat profesional sehingga cepat dalam membangun reputasi.

Dalam hal ini kita bisa mengambil contoh sederhana, misalnya saja ketika saya akan membeli suatu barang di media sosial, disana terdapat pilihan produk yang sama antara toko online A dan toko online B. Bedanya toko online A mempunyai website dan toko online B tidak mempunyai website.

Anda lebih memilih toko yang mana? kalau saya sendiri lebih tertarik dengan toko online A yang memiliki sebuah website. Karena saya rasa toko online A lebih terlihat profesional dan benar-benar niat dalam menjalankan bisnisnya, meskipun sebenarnya saya tidak benar-benar tau latar belakang dari toko tersebut, namun karena toko online A mempunyai website saya sudah memiliki ketertarikan sendiri.

Dari contoh sederhana tersebut tentunya kita bisa menyimpulkan bahwa sebuah website bisa diandalkan dan berperan penting untuk membuat bisnis mempunyai nilai lebih.

Tidak mengherankan memang, karena website merupakan media yang paling tepat untuk menjadikan bisnis terlihat profesional sehingga bisa mendongkrak reputasi bisnis dan membangun kepercayaan dengan cepat.

Tidak jarang juga yang mengatakan bahwa website merupakan kunci keberhasilan usaha, ya saya rasa memang benar, karena dalam menjalankan bisnis online tentunya membutuhkan sebuah strategi, dan dalam hal ini kombinasi antara media sosial dengan website merupakan solusi untuk memenangkan persaingan.

Sekarang tidak hanya perusahaan besar saja yang dapat membuat website, karena perusahaan kecil atau bahkan bisnis yang dijalankan oleh perseoranganpun bisa membuatnya.

Berapa sih biaya pembuatan website?

Bicara tentang membuat website mungkin sebagian besar orang berpikir bahwa untuk membangun sebuah website membutuhkan biaya atau modal yang besar, serta membutuhkan kemampuan coding yang benar-benar memumpuni. 

Saat ini juga nampaknya anda harus menghilangkan asumsi tersebut, karena sebenarnya untuk membuat website tidak memerlukan modal yang besar dan seseorang yang tidak memiliki skill coding pun bisa membuatnya.

Saya sangat menyarankan bagi anda yang ingin membuat website untuk menggunakan layanan rumahweb. Karena rumahweb merupakan salah satu perusahaan hosting terbesar di Indonesia yang sudah dipercaya sejak 2002, dan sudah mendapatkan pengakuan internasional tentang kepercayaan, kemampuan serta kehandalanya. 

Rumahweb juga selalu menghadirkan promo domain dan hosting murah yang pastinya sangat disayangkan untuk dilwatkan. Akhir tahun ini rumahweb sedang mengadakan promo yang bener-bener murah buanget, ya karena anda bisa membuat website hanya dengan biaya Rp.17.900. Dengan biaya yang sangat murah ini anda sudah bisa mendapatkan hosting sebesar 1GB dan memilih domain .com sesuka hati anda.
Atau anda juga bisa memanfaatkan jasa pembuatan website rumahweb. Dengan memanfaatkan layanan ini memungkinkan anda untuk membuat website dengan mudah, cepat dan sama sekali tidak memerlukan pengalaman. Melalui layanan ini anda bisa membuat website hanya dengan biaya 99 ribu saja.  

Sangat terjangkau bukan? tentunya sayang sekali jika kesempatan ini sampai terlewatkan. Kapan lagi anda bisa membuat website dengan biaya semurah ini?


8 tips membuat website untuk bisnis online

Oke sebelum anda memutuskan untuk membuat website, sebaiknya simak beberapa poin dibawah ini. Ada beberapa hal penting yang perlu dipertimbangkan dan dilakukan dalam membuat serta mengelola website untuk bisnis online.

Pilih nama domain yang sesuai dengan bisnis anda
Hal pertama yang sangat mendasar dan penting untuk anda perhatikan dalam membuat website untuk bisnis adalah memilih nama domain. 

Pemilihan nama domain yang sesuai dengan bisnis yang anda jalankan selain untuk menunjukkan brand dari bisnis anda, juga akan sangat berpengaruh ketika seseorang ingin mencari barang atau jasa yang terkait dengan bisnis anda melalui mesin pencari. 

Misalnya saya ingin mencari domain murah, lalu saya ketikkan kata kunci tersebut dihalaman pencarian, kemudian saya bisa menemukan salah satu penyedia layanan domain, yaitu rumahweb.com

Dimana rumahweb merupakan sebuah perusahaan yang menyediakan layanan hosting dan domain di Indonesia, dan kata rumahweb merupakan nama yang mewakili dari bisnis yang mereka jalankan. 

Contoh, misal anda memiliki bisnis dibidang fasion, dalam hal ini anda bisa memilih nama yang berkaitan dengan fasion, seperti tokofasion, gudangfasion atau kata lain yang berhubungan dengan fasion.

Oh ya, satu lagi yang perlu dilakukan dalam memilih nama domain, yaitu jangan gunakan nama domain yang terlalu panjang, karena selain akan sulit untuk diingat, juga akan mengesankan bisnis kita terlihat kurang profesional.

Gunakan template yang simple
Setelah anda berhasil menentukan nama domain yang paling sesuai, selanjutnya yang tidak kalah adalah penting adalah menentukan template pada website anda.

Dalam membuat sebuah website kita akan disuguhkan banyak sekali pilihan template. Namun saya sarankan untuk menggunakan template yang paling sesuai dengan bisnis yang anda jalankan.

Misal seperti tadi, anda memiliki bisnis fasion. Dalam hal ini anda bisa memilih tamplate yang cukup memadai untuk menampilkan foto.

Usahakan juga untuk memilih template yang simple. Karena penggunaan tamplete yang simple selain enak dipandang, juga akan membuat loading website lebih cepat dan ramah dimesin pencari.

Buat navigasi yang jelas pada website anda
Navigasi merupakan sebuah jalan untuk mempermudah seseorang ketika mengunjungi website anda. Membuat navigasi juga bisa dikatakan untuk membedakan kategori dalam sebuah website.

Misalnya anda memiliki bisnis fasion, anda bisa membuat beberapa navigasi seperti fasion pria, fasion wanita, anak-anak dll. Semakin lengkap dan jelas navigasi pada website anda, maka semakin mudah juga bagi pengunjung untuk menemukan apa yang mereka cari.

Mulai membuat artikel dengan tema yang sama dengan bisnis anda
Selanjutnya anda bisa mengisi website yang anda buat dengan artikel yang berhubungan dengan bisnis anda. Dalam hal ini anda bisa membuat artikel tentang review dari produk atau usaha yang anda jalankan.

Membuat artikel selain untuk memperkaya isi website, juga akan berefek baik bagi reputasi website anda di mesin pencari. Semakin baik reputasi website anda di mesin pencari
, maka kesempatan bisnis anda dikenal oleh banyak orang menjadi lebih banyak lagi.

Tidak hanya itu, dengan membuat artikel juga akan menjadikan website anda mempunyai ketertarikan tersendiri bagi siapa saja yang mengunjungi website anda. Jika artikel yang anda buat disukai oleh pengunjung, saya yakin orang tersebut dengan sukarela untuk membagikan di media sosialnya.

Dan ketika artikel anda dibagikan di madia sosial, tentu saja juga akan berefek pada meluasnya jangkauan website dan media sosial yang anda kelola. Dengan demikian tentu akan meningkatkan penjualan bisnis online yang anda jalankan.

Cantumkan link produk atau jasa pada artikel yang anda buat
Selain menyajikan konten yang bermanfaat bagi pembaca, jangan lupa untuk menaruh link penjualan pada artikel yang telah anda buat. Cara ini sangatlah efektif untuk menarik dan mendapatkan konsumen, yaitu ketika anda berhasil menarik hati pembaca dengan artikel yang anda buat. 

Dengan menaruh link pada artikel tersebut anda sudah menawarkan produk atau jasa pada bisnis anda. Dengan demikian peluang yang bisa didapatkan dari bisnis anda akan lebih besar.

Gunakan foto yang menarik
Satu hal penting yang tidak boleh dilupakan dalam menjalankan bisnis online, yaitu menyajikan foto atau gambar yang berkualitas. Karena seseorang yang ingin memsan barang atau jasa secara online, tentu saja hal pertama yang diperhatikan adalah gambar atau foto. 

Hal ini tentunya mebjadi alasan kenapa gambar sangat berpengaruh dalam keberhasilan suatu bisnis. Oleh karera itu usahakan untuk menampilkan foto yang menarik, dalam hal ini anda bisa terlebih dahulu menyiapkan sesi foto untuk mendapatkan kualitas foto terbaik, bila perlu mengeditnya supaya foto tersebut benar-benar sempurna.

Share artikel yang anda buat di media sosial
Selanjutnya anda bisa membagikan artikel yang anda buat di halaman media sosial. Jika anda sukses membuat sebuah artikel menarik yang berkaitan dengan bisnis anda, saya yakin akan banyak pengunjung yang datang ke website anda, dan ketika mereka tertarik pada artikel yang anda buat, tidak menutup kemungkinan artikel yang anda bagikan juga akan dibagikan lagi oleh orang tersebut.

Taruh link website anda di media sosial
Terakhir anda bisa menaruh link website anda di halaman utama media sosial yang anda kelola. Seperti yang sudah katakan diatas, bahwa dengan cara ini yang akan membuat bisnis terlihat lebih terlihat lebih profesional.

Jadi saya rasa kesimpulanya, untuk anda yang menggeluti bisnis online menggunakan media sosial, kini sudah saatnya memanfaatkan website untuk membuat bisnis lebih profesional dan mendunia!

Artikel Terkait

Latest
Previous
Next Post »

1 Please Share a Your Opinion.:

Write Please Share a Your Opinion.
Amir Mahmud
AUTHOR
13 Desember 2019 22.17 delete

Sepakat. Website penting sekali ya untuk perkembangan bisnis. Saya pun tentunya lebih tertarik dengan toko online yang menyediakan website daripada yang tidak. Karena dengan begitu, ia lebih serius menjalankan bisnisnya

Reply
avatar