-->

Pentingnya Website Untuk Memaksimalkan Bisnis Online

Bisnis online semakin hari nampaknya semakin diminati oleh masyarakat. Kemudahan dalam memasarkan produk atau jasa melalui smartphone atau laptop nampaknya menjadi ketertarikan tersendiri bagi sebagian besar masyarakat.

Seperti yang kita tau di era 4.0 peranan internet dalam memaksimalkan bisnis memang sangat menjanjikan, dan kebanyakan orang berbondong bondong pindah haluan yang dulunya membeli atau mencari apa yang mereka butuhkan ke sebuah toko, supermarket atau pasar, kini sudah beralih untuk mendapatkan apa yang mereka butuhkan melalui internet.

Bukan tanpa alasan tentunya, karena memang belanja online sangatlah praktis. Bagaimana tidak? seseorang bisa mendapatkan kebutuhanya cukup dengan menggunakan smartphone atau laptop saja.

Populernya penjualan online tersebut tentunya membuat bisnis online diminati oleh banyak orang. Tak jarang dari mereka menggunakan media sosial seperti facebook, instagram atau menggunakan situs jual beli online seperti tokopedia, olx, shopee dan beberapa situs jual beli online lainya untuk memasarkan produknya. Anda salah satunya?

Mungkin menggunakan media sosial dan situs jual beli online bisa kita gunakan sebagai media untuk memasarkan produk atau jasa. Namun saya rasa menggunakan media sosial dan situs jual beli kurang maksimal. Berikut beberapa alasanya.

Arus update media sosial yang sangat cepat


Media sosial, merupakan salah satu media untuk mengekspresikan diri seseorang. Hal ini tentunya menjadikan alasan kenapa media sosial memiliki kekurangan untuk  berjualan online. Yaitu postingan produk ataupun jasa yang kita bagikan sangat mudah tenggelam, dan tentunya postingan yang kita bagikan kurang menarik dimata mereka.

Kurang maksimal dalam menjangkau pelanggan


Alasan kedua yaitu karena media sosial terbilang terbatas untuk menjangkau pelanggan. Misalnya saja ketika kita memasarkan produk melalui facebook, kita harus terlebih dahulu untuk berteman dengan banyak orang supaya postingan kita bisa menjangkau mereka, atau ketika menggunakan instagram sebagai media untuk mamasarkan produk, kita harus mendapatkan follow terlebih dahulu dari mereka.

Meskipun sebenarnya kita bisa menggunakan hastag untuk memaksimalkan jangkauan, namun saya rasa alasan pertama yaitu arus update media sosial yang sangat cepat menjadi alasan kenapa media sosial kurang maksimal untuk jualan online.

Sulit untuk membangun kepercayaan pelanggan


Satu hal penting dalam sebuah bisnis adalah sebuah kepercayaan. Saya rasa untuk berjualan di media sosial atau toko online membangun kepercayaan agak sedikit sulit, mengingat tentang banyaknya akun bisnis online yang tidak dikelola secara serius.

Hal ini tentunya akan berdampak juga kepada bisnis online yang kita jalankan, bisa saja calon pembeli kurang dalam membangun kepercayaan karena mungkin alasan tertentu, seperti pernah dikecewakan sebelumnya ketika bertantransaksi secara online.

Banyak pesaing


Meskipun semua bisnis pasti ada saingan, namun ketika kita menggunakan media sosial atau toko online sebagai media untuk menjual barang atau jasa, tentu saja terdapat banyak sekali saingan. Seperti yang kita tau bahwa sekarang ini banyak sekali akun media sosial yang beralih fungsi untuk berjualan online.

Atau seringkali terdapat barang yang mirip bahkan sama dengan barang yang kita jual, sehingga kemungkinan untuk membeli barang yang kita jual akan lebih sulit.

Namun tidak selamanya memanfaatkan media sosial atau situs jualan online itu buruk, karena kita dapat memaksimalkan bisnis online kita dengan bantuan website.

Karena website merupakan salah satu pemecah masalah dan media untuk memaksimalkan bisnis online yang kita jalankan. Bahkan website bisa kita jadikan sebagai media utama untuk berjualan online.

Lalu apa saja sih keuntungan ketika kita membuat website untuk bisnis online yang kita jalankan? berikut beberapa alasan kenapa website perlu anda buat untuk memaksimalkan bisnis online.

Memaksimalkan jangkauan pemasaran


Hal pertama yang bisa kita dapatkan dari sebuah website adalah kita bisa menjangkau banyak orang lagi. Seperti yang yang saya sampaikan diatas bahwa jangkauan media sosial atau toko online terbilang terbatas. Nah dengan menggunakan website tentunya bisnis kita akan lebih mudah ditemukan, yaitu website kita dapat ditemukan di mesin telusur.

Kita juga dapat menaruh link website di toko online atau media sosial yang kita gunakan untuk jualan online, hal ini bertujuan untuk memudahkan pelanggan dalam menjelajah dari barang ataupun jasa yang kita sediakan.

Membangun kepercayaan pelanggan

Solusi terbaik untuk meningkatkan kepercayaan pelanggan dari bisnis online adalah dengan membuat sebuah website. Menggunakan website kita bisa menunjukkan bahwa bisnis yang kita jalankan beda dan lebih maju daripada bisnis yang lainya.

Hal ini juga tentunya akan membuat bisnis kita terlihat lebih dimata pelanggan dan akhirnya pelanggan meminati untuk membeli barang atau menggunakan jasa dari bisnis kita.

Menunjukkan profil bisnis anda


Salah satu hal penting untuk membangun kepercayaan adalah dengan membuat profil. Dengan profil dan infomasi yang jelas dari bisnis kita tentunya akan memberikan gambaran secara detail tentang bisnis kita.

Dalam profil perusahaan anda bisa menyuguhkan berbagai informasi, mulai dari visi, misi, pengalaman, susunan, sampai sejarah dari bisnis anda. Dengan profil yang lengkap dan jelas tentunya akan  membuat pelanggan lebih mempercayai bisnis anda.

Meningkatkan kualitas pelayanan


Tidak sepenuh waktu kita dapat menatap layar kaca. Namun dengan menggunakan website kita bisa dipermudah, yaitu kita bisa memberikan feedback secara langsung dengan menyediakan sebuah kontak atau formulir pemesanan, sehingga konsumen yang bisa memesan barang atau jasa kita secara otomatis.

Selalu up to date


Salah satu hal penting yang perlu diperhatikan dalam menjalankan sebuah bisnis adalah up to date produk, dengan up date secara rutin kita dapat selalu memberikan konten yang segar kepada pelanggan. Dalam website juga kita dapat mengatur jadwal waktu untuk up date produk kita secara otomatis. Dengan demikian tentunya akan lebih memudahkan kita dalam waktu dan tenaga.

Menginformasikan sesuatu


Tidak kalah penting untuk seorang pembisnis online bahwa memberikan gambaran atau bukti tentang manfaat produk yang kita jual sangatlah perlu untuk memberikan ketertarikan dan gambaran kepada para calon konsumen.

Dengan mengetahui manfaat dari barang atau jasa yang kita jalankan tentunya akan lebih menarik ketertarikan pelanggan untuk memesanya.

Memudahkan interaksi dengan pelanggan


Kemudian kita juga bisa menyediakan formulir atau sebuah email untuk memberikan kemudahan kepada calon pelanggan supaya bisa dengan mudah menghubungi kita.


Dari tulisan diatas tentunya sudah sangat jelas bahwa website sangatlah penting untuk mendukung bahkan sebagai media utama untuk bisnis yang kita jalankan. Setelah kita mengetahui manfaat dari website untuk bisnis online, tentunya anda pasti tertarik untuk membuat sebuah website.

Nah untuk membangun sebuah website tentunya membutuhkan domain dan hosting, karena kedua komponen ini yang akan kita jadikan bahan untuk membuat sebuah website.

Domain sendiri merupakan sebuah nama yang berguna untuk mengidentifikasi alamat server  komputer di internet. Sedangkan hosting merupakan tempat untuk menyimpan data sebuah website supaya bisa diakses melalui internet.

Di Indonesia sendiri banyak penyedia layanan hosting dan domain yang bisa kita gunakan, namun saya rekomendasikan untuk menggunakan layanan Qwords.com

Qwords merupakan perusahaan Cloud Web Hosting Indonesia yang menyediakan layanan domain dan hosting terbaik dengan pelayanan support 24/7.

Adapun kelebihan dan alasan kenapa anda harus menggunakan layanan domain dan hosting di  Qwords.

Layanan nonstop


Qwords selalu menyediakan dan mengedepankan pelayanan prima untuk customer. Tim customer service dari Qwords selalu siap melayani anda kapan saja, nonstop 24 jam, 7 hari. Anda selalu bisa menghubungi customer service Qwords dengan berbagai cara mulai dari Live chat, Call Center, atau Support Ticket.

Uptime 99.99%


Dalam sebuah website Uptime merupakan satu hal yang penting, pasalnya Uptime merupakan waktu yang diberikan oleh provider untuk selalu bisa mengakses data pada website. Qwords sendiri selalu memastikan layanan hosting Uptime 99.99%, jadi anda tidak perlu khawatir server akan terjadi trouble.

Dilengkapi dengan paduan lengkap


Anda masih awam dengan website? tidak perlu khawatir akan itu, karena Qwords menyediakan berbagai paduan untuk anda yang bahkan masih sangat awam dengan website. Dengan paduan tersebut tentunya akan memudahkan dan menjawab semua pertanyaan anda untuk membuat dan mengelola website.

Keamanan terjamin


Salah satu hal yang penting untuk mengelola sebuah website adalah keamanan. Qwords sendiri selalu memperhatikan dan memantau kemanan data dari kemungkinan terjadinya kehilangan data ataupun kemungkinan data diretas oleh orang yang kurang bertanggung jawab.

Jadi tunggu apa lagi, segera beli domain hanya di  Qwords.  Di bulan september ini lagi banyak promo lho, seperti domain .com yang bisa kita dapatkan dengan harga Rp.125.000, domain .com + hosting 1 GB hanya dengan harga Rp.19.900/ bulan, atau domain .com + unlimited hosting hanya dengan harga Rp.34.900/ bulan. Sangat murah bukan?

Masih banyak lagi tentunya promo yang disediakan di Qwords, yuk segera bikin website untuk memaksimalkan bisnis online anda. Yang pasti pilihan terbaik untuk beli domain dan hosting Indonesia ya hanya di Qwords.

Refrensi: Qwords.com