20 Tempat Wisata ini Buktikan Bahwa Garut Memang Swiss Van Java-nya Indonesia

Garut merupakan salah satu Kabupaten di Jawa Barat yang mempunyai banyak sekali keistimewaan, mulai dari berbagai olahan makanan, kerajinan, budaya, hingga berbagai destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi.

Terutama untuk wisatanya, Kabupaten Garut mempunyai banyak sekali potensi wisata dengan berbagai macam keindahanya.

Karena banyaknya ragam keindahan alam yang luar biasa ini, serta suasananya yang sejuk, tak mengherankan jika Kota Garut memiliki julukan Swiss Van Java.

20 tempat wisata ini membuktikan bahwa Garut memang pantas dijuluki  Swisss Van Java-nya Indonesia.

Gunung Papandayan

Tempat wisata pertama yang terdapat di Kota Garut adalah Gunung Papandayan.  Memiliki ketinggian 2.665 mdpl dengan medan yang mudah untuk dilalui menjadi alasan kenapa Gunung Papandayan menjadi wisata yang ramah bagi para pendaki.

Gunung Papandayan memiliki berbagai spot yang menarik, disini kita dapat menyaksikan matahari terbit di area camping Gubber Hood, melihat eloknya bunga Edelweis kawasan Tegal Alun, menghabiskan malam di Pondok Saladah, menikmati indahnya kawah Gunung Papandayan, hingga bersantai di Camp David setelah melakukan pendakian.   

Gunung Guntur

Selain Gunung Papandayan wisata selanjutnya yang terdapat di kota ini adalah Gunung Guntur. Terletak di Kecamatan Tarogong Kaler, Kabupaten Garut, Gunung Guntur juga tak kalah menyajikan pemandangan yang luar biasa.

Di gunung ini terdapat berbagai spot foto yang menarik untuk diabadikan menjadi momen berharga, seperti spot foto Sabana yang bisa ditemukan saat mendaki mendekati puncak,  panorama Kaldera Pangkalan dan Kaldera Gandapura, mengabadikan foto kota Garut dari ketinggian, mendapatkan sunrise terbaik di tanah pasundan, hingga merasakan sensasi menaklukkan empat puncak sekaligus.

Tidak jauh berbeda dengan Gunung Papandayan, Gunung Guntur mempunyai ketinggian 2.249 mdpl yang tentu ramah untuk pengunjung.

Pantai Sayang Heulang

Mendengar namanya saja sudah sayang, lebih disayangkan lagi kalau tidak mengunjungi pantai ini. Pantai Sayang Heulang merupakan salah satu obyek wisata yang berlokasi di Desa Mancagahar, Kecamatan Pameungpeuk, Kabupaten Garut, pantai ini memiliki pesona yang begitu indah nan menawan.

Di pantai ini kita dapat menikmati indahnya pemandangan air yang jernih, berteduh dibawah pohon sambil menikmati sepoi-sepoi angin, melihat tarian ombak pantai, bermain volly pantai bersama teman atau orang tercinta, camping menikmati indahnya malam di sekitar pantai, hingga berenang di tepian pantai bersama ikan-ikan kecil.

Pantai Santolo 

Tidak kalah dengan pantai Sayang Heulang, pantai Santolo Garut juga menyuguhkan pemandangan alam yang begitu luar biasa. 

Pantai yang memiliki pasir putih ini masih sangat terjaga kelestarianya. Dibuktikan dengan masih terdapat banyaknya terumbu karang serta biota laut yang dengan mudah kita temukan di pantai ini. 

Terdapat juga sebuah muara yang sangat unik, yaitu sebuah muara yang berbeda dengan muara pada umumnya, muara ini memiliki aliran air dari laut, bukan dari sungai.

Di pantai ini kita juga bisa menjumpai deretan nelayan serta menyaksikan pemandangan indah Muara Cilauteureun dan Cilauteureun.

Tidak hanya itu, untuk kamu yang suka berburu sunrise atau sunset, pantai ini merupakan pantai yang tepat untuk dikunjungi. 

Pantai Rancabuaya

Kemudian ada Pantai Rancabuaya. Pantai yang langsung berbatasan dengan Samudra Hindia ini memiliki pasir putih yang lembut serta keindahan alam yang masih lestari.

Selain itu juga banyak spot yang menarik. Di tempat ini kita dapat melihat air terjun langka, yaitu air terjun yang langsung mengairkan airnya ke pantai, melihat indahnya tebing ukir, berburu sunset di sore hari, hingga menikmati suasana pantai sambil mencicipi berbagai sajian kuliner  khas garut.

Terletak di Kecamatan Caringin Kabupaten Garut, Pantai Rancabuana bisa ditempuh dari Kota Garut dengan waktu sekitar 3,5 jam dengan kondisi normal.
 

Pantai Sancang

Pantai Sancang merupakan pantai yang berlokasi di Desa Sancang Kecamatan Cibalong, Kabupaten Garut.  

Pantai ini masih sangat alami, dengan hamparan pasir putih yang begitu lembut, serta pemandangan di sekitar pantai yang begitu indah, akan membuat siapa saja yang berkunjung ke pantai ini enggan untuk bernjak pulang.

Karena masih lestarinya pantai ini, tidak mengherankan jika pantai ini menjadi bagian dari cagar alam berupa laut, sungai dan hutan beserta keanekaragamanya. 

Kawah Talaga Bodas

Selain Kawah Putih, Jawa Barat juga memiliki satu kawah lagi yang tidak kalah indahnya, yaitu Kawah Talaga Bodas. Kawah yang terletak di Desa Sukamenak, Kecamatan Wanaraja, Kabupaten Garut, juga memiliki pemandangan yang luar biasa.

Bahkan ketika kita berjalan menuju lokasi kita sudah disuguhkan panorama perbukitan dengan suasananya yang sejuk.

Ketika sampai disana kita akan melihat sebuah danau yang memiliki warna putih kehijauan, terdapat juga bukit indah yang akan memanjakan mata siapa saja yang berada disana.

Di sekitar kawah ini juga terdapat sebuah kolam air panas untuk berendam, jadi selain bisa menikmati indahnya pemandangan Kawah Talaga Bodas, kita juga bisa berendam di kolam air panas ini. 

Kawah Darajat

Kemudian ada Kawah Darajat. Kawah ini berlokasi di Desa Padawaas, Kecamatan Pasirwangi, Kabupaten Garut.

Kawah Darajat terkenal dengan suasananya yang sejuk. Dengan suasana ini tentunya membuat Kawah Darajat sangat cocok dikunjungi untuk menghabiskan waktu bersama keluarga. 

Juga selain bisa menikmati panorama keindahan Kawah Darajat dengan suasana sejuknya, kita juga bisa bersantai dengan berendam di kolam air panas, bermain bersama sikecil, menghabiskan waktu untuk bermalam di penginapan, hingga menikmati kuliner khas Garut yang siap memanjakan lidah.

Situ Bagendit

Menikmati kekindahan danau yang masih sangat terjaga, serta panorama alam sekitar, seperti Gunung Guntur, Gunung Cikuray dan Gunung Haruman bisa kita dapatkan ketika kita mengunjungi Situ Bangedit.

Wisata yang berlokasi di Desa Bagendit, Kecamatan Banyuresmi, Kabupaten Garut ini menjadi pilihan yang tepat untuk kamu yang ingin menghabiskan waktu bersama keluarga atau orang tercinta.

Berbagai aktivitas menarik bisa dilakukan ditempat ini, seperti menaiki perahu dan rakit, memancing, atau mendapatkan hasil foto yang instagramable.

Curug Orok

Bersantai dengan suasana sejuk dan segar, ditemani dengan suara gemercik air dan indahnya pemandangan alam sekitar berupa panorama keindahan alam yang masih terjaga, serta perkebunan teh dan kopi bisa kita rasakan ketika mengunjungi Curug Orok.

Curug yang berlokasi di Desa Cikandang, Kecamatan Cikajang, Kabupaten Garut ini tidak hanya akan memanjakan mata kita, namun di tempat ini kita juga bisa menghabiskan waktu untuk bermain air dengan cara yang menyenangkan, hingga menikmati malam dengan pemandangan indah di sekitar kawasan curug ini.

Curug Sanghyang Taraje

Selain Curug Orok di Kabupaten Garut juga mempunyai satu curug lagi yang tidak kalah indahnya, yaitu Curug Sanghyang Taraje. 

Curug Sanghyang Taraje berlokasi di Kecamatan Pamulihan, Desa Pakenjeng, yaitu kurang lebih berjarak 50 KM dari Kota Garut.

Curug ini juga menghadirkan pemandangan yang indah, dengan keadaan alam yang masih lestari, serta air yang begitu jernih pastinya akan membuat suasana liburan semakin menyenangkan.

Leuwi Jurig

Menimati indahnya sungai yang begitu eksotis dengan keadaan alam yang masih sangat terjaga bisa kita dapatkan ketika berkunjung ke Leuwi Jurig.

Obyek wisata yang terletak di Desa Bojong, Kecamatan Bungbulang, Kabupaten Garut ini sangat diminati oleh berbagai kelangan wisatawan.

Tentu saja, karena di tempat ini kita bisa melihat pemandangan yang begitu memukau, yaitu Leuwi Jurig mempunyai air yang jernih dengan warna kehijauan, dikelelingi oleh batu-batu besar yang pastinya sangat cocok digunakan untuk mendapatkan spot foto dengan view yang instagramable.

Situ Cangkuang

Situ Cangkuang merupakan sebuah obyek wisata yang berada di Kampung Pulo, Desa Cangkuang, Kecamatan Leles, Kabupaten Garut. Situ Cangkuang sendiri berupa obyek wisata yang berupa sebuah danau yang masih terjaga kelestarianya. 

Hal yang menarik dari wisata Situ Cangkuang, yaitu terdapat sebuah Candi Hindu di sebuah pulau kecil yang dikelilingi oleh empat gunung besar di Jawa Barat, yaitu  Gunung Kaledong, Gunung Haruman, Gunung Guntur dan Gunung Mandalawangi.

Leuwi Tonjong

Leuwi Tonjong merupakan sebuah wisata yang memaparkan keindahan alam berupa sungai yang dihapit oleh dua bukit yang menjulang tinggi. Di tempat ini kita bisa menikmati hijaunya alam dengan menaiki sebuah rakit, berenang, hingga mendirikan tenda untuk berkemah bermalam hari.

Lokasi wisata Leuwi Tonjong berada di Desa Jaya Mukti, Kecamatan Cihurip, Kabupaten Garut atau bisa ditempuh dari Kota Garut dalam waktu 2 jam perjalanan.

Karacak Valley

Meskipun terbilang baru, wisata bernuansa perbukitan yang diresmikan pada Tahun 2016 ini menjadi sangat populer di media sosial.

Wilayahnya yang berupa perkebunan kopi dan hutan pinus yang terawat membuat suasana di tempat ini terasa sejuk dan menampilkan view bagus.

Di tempat ini juga terdapat sebuah bukit kecil yang biasa disebut Puncak Dogar, di bukit ini kita bisa menikmati panorama lembah Kota Garut dari ketinggian, terdapat juga sebuah curug yaitu Curug  Ngebul yang berlokasi tidak begitu jauh juga dari loket pelayanan.

Selain itu di lokasi Karacak Valley kita bisa dengan mudah mendirikan hammock diantara jajaran pohon pinus atau melakukan camping untuk menikmati indahnya gemerlapnya malam Kota Garut.

Lokasi Karacak Valley tidak begitu jauh dari pusat kota, yaitu berlokasi di Jalan Karacak Valley, Margawati, Garut Kota.

Bukit Teletubies

Seperti namanya, Bukit Teletubies adalah sebuah wisata yang berupa perbukitan seperti di film Teletubies. Hamparan rumput hijau dengan pemandangan deretan gunung akan memanjakan mata siapa saja yang berkunjung ke tempat ini.

Selain itu untuk yang hobi menikmati sunset ataupun sunrise, tempat ini merupakan tempat yang sangat tepat untuk dikunjungi. 

Lokasi Bukit Teletubies berada di Desa Mancagahar, Kecamatan Pameungpeuk, Kabupaten Garut.

Kamodjan Fillage

Kamodjan Fillage merupakan wisata yang berada di Desa Sukakarya, Kecamatan Samarang, Kabupaten Garut, Jawa Barat.

Nama Kamodjan sendiri mempunyai arti "keindahan", seperti namanya, tempat wisata yang satu ini benar-benar indah, tidak mengherankan, meskipun wisata ini terbilang baru dan belum rampung sepenuhnya, namun karena keindahanya tersebut membuat tempat wisata ini tidak pernah sepi diserbu pengunjung.


Kamodjan Fillage menyuguhkan keindahan alam berupa spot kekinian yang dipadukan dengan pemandangan hijau, dengan alasan ini tentunya Kamodjan Fillage menjadi lokasi wisata yang tepat untuk melepas penat dari rutinitas sehari-hari.

Puncak Guha

Menikmati pemandangan lautan lepas dari sebuah puncak, ditemani suara gemercak air serta tarian ombak pasti akan menenangkan siapa saja yang berkunjung ke tempat ini. 

Ada yang menjadi ciri khas dari tempat ini, yaitu terdapat sebuah gua kelelawar yang tepat berada dibawah puncak ini. 

Karena hal itu ketika sore hari kita bisa menikmati indahnya matahari terbenam ditemani dengan menyaksikan rombongan kelelawar yang datang dan pergi dari goa. 

Di tempat ini kita juga bisa mendirikan tenda untuk bermalam menikmati gemerlapnya bintang ditemani suara ombak dilaut.

Puncak Guha berlokasi di Desa Sinarjaya, Kecamatan Bungbulang, Kabupaten Garut. 

 

Leuwi Korsi

Leuwi Korsi merupakan wisata alam berupa sebuah sungai dengan air warna jernih kebiruan dengan dikelilingi batu cadas yang berbentuk seperti kursi.

Suasana yang sejuk dengan pepohonan hijau disekitar, serta air yang begitu tenang sangat cocok digunakan untuk bersantai serta berenang di tempat ini.

Leuwi Korsi terletak di Desa Bojong, Kecamatan Bungbulang, Kabupaten Garut, lokasinya tidak begitu jauh dengan obyek wisata Leuwi Jurig.


Cilopang Adventure Camp

Kemudian yang terakhir ada Cilopang Adventure Camp. Wisata yang berada di kaki Gunung Guntur ini merupakan pilihan wisata yang tepat untuk dikunjungi bagi kamu yang ingin mendapatkan keindahan alam dan melepas beban pikiran.

Di tempat ini kita bisa menikmati secara jelas pesona Gunung Guntur, ditambah dengan suguhan pemandangan rerumputan hijau yang pasti akan memanjakan mata kita ketika berkunjung ke tempat ini.

Tidak hanya itu, ditempat ini kita juga bisa mendirikan sebuah tenda atau camp untuk bermalam, lokasinya yang berada jauh dari keramaian kota membuat tempat ini menjadi pilihan yang tepat untuk menenangkan diri.

Cilopang Adventure Camp berlokasi di  Desa Rancabango, Kecamatan Tarogong Kaler, Kabupaten Garut. 


Itulah 20 destinasi wisata yang berada di Garut, walaupun sebenarnya masih banyak wisata yang terdapat di kota ini, namun saya rasa beberapa wisata diatas sudah sangat bisa untuk menunjukkan bahwa Kota Garut benar-benar memiliki keindahan alam yang luar biasa. 

Jadi gimana? kapan mau berkunjung ke kota dengan julukan Swiss Van Java ini?


Thumbnail gambar: 
https://www.instagram.com/rusydiana_ricki.99/

Sumber resfrensi:
https://wisatalengkap.com/tempat-wisata-di-garut-terbaru/
https://tempatwisataseru.com/19-tempat-wisata-di-garut-jawa-barat-paling-populer-2/
https://telusurindonesia.co/tempat-wisata-di-garut/
https://digarut.com/kategori/wisata
https://id.wikipedia.org/wiki/Kabupaten_Garut

Artikel Terkait

Latest
Previous
Next Post »